Rohman, Nur (2019) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PBL DAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DANDER BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017. P3M Sekolah Tinggi IlmuEkonomiCendekiaBojonegoro.
Text
Jurnal Pak Nur. results_3.pdf Download (353kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, langsung atau model pembelajaran PBL. (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah. (3) Ditinjau dari motivasi belajar siswa, manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik, model pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual, langsung atau model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Dander Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.Kesimpulkan (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran PBL lebih baik daripada Kontekstual dan pembelajaran langsung, serta pembelajaran Kontekstual lebih baik daripada pembelajaran langsung. (2) Prestasi belajar matematika dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada motivasi sedang dan rendah, serta motivasi sedang lebih baik daripada motivasi rendah. (3) Ditinjau dari motivasi, prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaranPBL lebih baik daripada pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung, dan pembelajaran Kontekstual lebih baik daripada model pembelajaran langsung
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | Unnamed user with username nurrohman |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 06:27 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 06:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/263 |
Actions (login required)
View Item |