PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL DI SMP NEGERI SATU ATAP CLEBUNG BUBULAN BOJONEGORO

HIDAYA, KAMALIN NAUFI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL DI SMP NEGERI SATU ATAP CLEBUNG BUBULAN BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
KAMALIN NAUFI HIDAYA.pdf

Download (957kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Hidaya, K.N., 2024. Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Komik Digital. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Cahyo Hasanudin, M.Pd., Pembimbing II Sutrimah, M.Pd.. Kata Kunci: Bercerita, Quantum Learning, Komik Digital Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa dalam kemampuan bercerita yaitu siswa kesulitan penguasaan dalam pemilihan kata, penyusunan kalimat serta kurangnya rasa percaya diri saat bercerita di depan kelas. Oleh karena itu, perlu dicari solusi baru agar masalah dapat teratasi dengan mengaplikasikan model pembelajaran quantum learning untuk membantu siswa dalam kemampuan bercerita. Tujuannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan model pembelajaran quantum learning berbantuan komik digital dan mendeskripsikan bentuk peningkatan kemampuan bercerita siswa dengan menerapkan model quantum learning berbantuan komik digital. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian kemampuan bercerita diketahui bahwa pada pratindakan tidak ada siswa yang tuntas dengan 0% ketuntasan klasikal, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan terdapat 3 anak tuntas dan 5 siswa belum tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 37,5% dan pada siklus II semua siswa dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran quantum learning berbantuan komik digital dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:42
Last Modified: 03 Oct 2024 04:42
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item