YULIASRI, YULIASRI (2024) Analisis Alih Kode dan Campur Kode serta Nilai Pendidikan Karakter pada Dialog Antar Tokoh dalam Film Gadis Kretek karya Ifa Ifansyah dan Kamila Andini. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Yuliasri.pdf Download (559kB) |
Abstract
Yuliasri, 2024. Analisis Alih Kode dan Campur Kode serta Nilai Pendidikan Karakter pada Dialog Antar Tokoh dalam Film Gadis Kretek Karya Ifa Ifansyah Dan Kamila Andini. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Abdul Ghoni Asror, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Okhta Ika Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Alih Kode dan Campur Kode serta Nilai Pendidikan, Film Banyak penutur bahasa yang kurang mematuhi aturan berbahasa, dan kurangnya kepatuhan ini dapat menghasilkan fenomena bahasa seperti alih kode dan campur kode. Oleh karena itu, bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan sosial manusia. Sosiolinguistik memegang peran yang signifikan dalam menganalisis berbagai aspek bahasa dalam konteks masyarakat. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan bentuk alih kode dan campur kode, dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam percakapan antar tokoh dalam film Gadis Kretek. Teknik analisis simak, dan catat adalah beberapa teknik pengumpulan data yang terapkan. Teknik triangulasi sumber data diterapkan untuk menguji validitas data. Penggalan percakapan dari film Gadis Kretek adalah sumber data penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya dua jenis alih kode; alih kode intern dengan 13 data dan alih kode ekstern dengan 5 data. Bentuk campur kode dalam dialog antar tokoh di film Gadis Kretek terdapat dua jenis temuan, yaitu campur kode ke dalam (inner code mixing) dengan 41 data dan campur kode ke luar (outer code mixing) dengan 5 data. Bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat ada dialog antar tokoh dalam film Gadis Kretek dapat disimpulkan bahwa dalam dialognya terdapat 42 data. Nilai-nilai pendiidkan karakter tersebut meliputi, nilai religius 2 data, jujur 6 data, toleransi 3 data, kerja keras 3 data, kreatif 6 data, mandiri 4 data, rasa ingin tahu 3 data, cinta tanah air 1 data, menghargai prestasi 4 data, gemar membaca 2 data, peduli sosial 2 data, tanggung jawab 5 data.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 05:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 05:07 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2647 |
Actions (login required)
View Item |