ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS AWALAN (PREFIKS) DALAM TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUGIHWARAS TAHUN AJARAN 2023/ 2024

WIJAYANTI, RINA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS AWALAN (PREFIKS) DALAM TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUGIHWARAS TAHUN AJARAN 2023/ 2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
RINA WIJAYANTI.pdf

Download (443kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Wijayanti, Rina 2024. “Analisis Kemampuan Menulis Awalan (Prefiks) Dalam Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sugihwaras Tahun Ajaran 2023 / 2024”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I : Dr. Masnuatul Hawa,M.Pd., Pembimbing II : Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci— Kesalahan, Ketepatan, Morfofonemik, Prefiks abstrak— Prefiks dalam sebuah kalimat memiliki fungsi yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan prefiks dalamsebuah kalimat dapat menciptakan makna baru yang membuat kalimat tersebut menjadi lebih efektif. Penelitian ini di dasarkan pada adanya penemuan fakta bahwa ada banyak siswa yang masih belum mengetahui jenis-jenis prefiks dalam sebuah karangan beserta variasi bentuknya. Tujuan dilakukannya penilitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan prefiks dari sudut pandang morfofonemik dan sekaligus menggambarkan makna gramatikal yang terkandung di dalamnya yang ditemukan dalam karya tulis atau karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sugihwaras. Rumusan masalah : (1)Bagaimana kemampuan siswa kelas VII SMPN 1 Sugihwaras dalam menggunakan awalan (prefiks) dalam teks deskripsi? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam (2)menggunakan awalan (prefiks) secara tepat dalam teks deskripsi? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari Kumpulan tes dan dokumentasi yang dilakukan pada subyek penelitian. Hal ini ditunjukan dengan persentase kesalahan penggunaan perfiks 20 siswa sebesar 2,26 % dengan artinya kemampuan siswa berhasil dalam penggunaan perfiks dalam teks deskripsi sebesar 97,77%.. Adapun kesalahan terletak pada penggunaan prefiks /di-/ dengan persentase kesalahan 0,97 % dan /ke-/ dengan persentase kesalahan 0,97 % serta /se-/ dengan prosentase kesalahan 0,32%. Kesimpulan penggunaan prefiks pada siswa kelasVII SMPN 1 Sugihwaras sudah bagus di lihat dari persentase kesalahan penggunaan perfiks 20 siswa sebesar 2,26 % dengan artinya kemampuan siswa berhasil dalam penggunaan perfiks dalam teks deskripsi sebesar 97,77%..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:52
Last Modified: 10 Oct 2024 03:52
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item