ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP NEGERI 3 BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2023 / 2024

MURTIANTIN, WINDA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP NEGERI 3 BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2023 / 2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
WINDA MURTIANTIN.pdf

Download (839kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Murtiantin, Winda 2024. “Analisis Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskripsi di SMP Negeri 3 Bojonegoro Tahun Ajaran 2023 / 2024”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I : Dr. Masnuatul Hawa,M.Pd., Pembimbing II : Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi Penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Pembelajaran bahasa Indonesia memang tidak dapat dilepaskan dari keterampilan membaca dan menulis. Dua keterampilan tersebut menjadi pilar dari keterlibatan seorang pendidik atau pengajar untuk mentransfer ilmu pengetahuan. Budaya membaca dan menulis pada siswa, bahkan masyarakat Indonesia saat ini sangatlah rendah. Kegiatan membaca berkaitan dengan memberikan asupan nutrisi berupa informasi baru yang berguna bagi siswa dalam mencerna ilmu pengetahuan, sedangkan menulis berkaitan dengan kreativitas siswa dalam mengekspresikan gagasan, ide, pemikiran, dan juga perasaannya dalam bentuk karya tulis. Peneliti memilih teks deskripsi sebagai objek yang akan diteliti adalah sebagai berikut. teks deskripsi merupakan teks yang diajarkan di awal pembelajaran pada siswa kelas VII, keterampilan menulis teks deskripsi terdapat pada alur tujuan pembelajaran, dan teks deskripsi sering dialami dalam kehidupan yang mana menggambarkan atau melukiskan suatu objek secara konkret baik benda hidup maupun mati serta melibatkan pancaindra untuk mendeskripsikan objek tersebut. Berdasarkan latar belakang kajian dan identifikasi masalah di atas, maka dapat diidentifikasi beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik SMP Negeri 3 Bojonegoro, apa saja kesalahan yang dilakukan peserta didik SMP Negeri 3 Bojonegoro dalam menulis teks deskripsi, dan apa saja faktor – faktor yang menghambat kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik SMP Negeri 3 Bojonegoro. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif karena mengandalkan pengumpulan data kualitatif. Dalam penelitian deskriptif kualitatif data yang dikumpulkan adalah berupa kata – kata, gambar, dan bukan angka – angka. Peneliti menggunakan metode deskripsi untuk menganalisis kesalahan penulisan yang mana dapat mengetahui kemampuan penulisan siswa pada teks deskripsi Dalam menganalisis data, peneliti menemukan beberapa kesalahan dalam penulisan teks deskripsi oleh siswa SMP Negeri 3 Bojonegoro kelas VII-H dengan kategori yang sudah ditentukan oleh peneliti yang mana sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) yaitu penggunaan huruf kapital dengan prsentase kemampuan 81% dan 42%, tanda koma dengan prsentase kemampuan87% dan 97% dan kata dengan prsentase kemampuan93,5%,100% dan 93,3%.. Kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi masih rendah dan membutuhkan latihan menulis yang berkelanjutan dan sering, khususnya kelas VII SMP Negeri 3 Bojonegoro, siswa masih melakukan kesalahan dalam penulisan teks deskripsi yang mana hal tersebut dapat menilai kemampuan siswa dalam menulis. Artinya, siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman tata cara menulis yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 10 Oct 2024 05:47
Last Modified: 10 Oct 2024 05:47
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item