FEBIANTI, RAHMASARI MEILA (2024) NILAI -NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KISAH 1001 MALAM ABU NAWAS SANG PENGGELI HATI KARYA MB. RAHIMSYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
RAHMASARI MEILA FEBIANTI.pdf Download (374kB) |
Abstract
Febianti, Rahmasari Meila. 2024., Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas Sang Penggeli Hati Karya MB Rahimsyah Dan Relevansinya dengan Pembelajaran Tingkat SMP Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro, Pendamping (1) Drs. Syahrul Udin, M.Pd. (2) Muhamad Sholehhudin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pendidikan karakter, buku sastra, SMP Penelitian ini didasari karena pentingnya penanaman nilai-nilai karakter untuk anak jenjang SMP melalui buku kisah 1001 malam Abu Nawas sang penggeli hati karya mb. rahimsyah. Dongeng memiliki banyak nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam buku kisah 1001 malam Abu Nawas sang penggeli hati karya mb. Rahimsyah dan mnyimpulkan relevansinya dengan Pendidikan formal jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu sebuah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Sumber data penelitian adalah buku kisah 1001 malam Abu Nawas sang penggeli hati. Validitas data menggunakan Teknik triangulasi dengan mengecek keabsahan data pada analisis karakter tokoh sertah hubungannya dengan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam buku kisah 1001 malam abu nawas sang penggeli hati ditemukan terdiri atas delapanbelas karakter sesuai dengan versi pendidikan karakter Kemendikbud. Nilai Pendidikan Karakter yang sering muncul dalam cerita adalah Menghargai Prestasi dengan empat data. Hal itu menyiratkan bahwa buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas Sang Penggeli Hati Karya MB. Rahimsyah memiliki cerita yang dapat diadopsi kedalam pembelajaran formal tingkat sekolah menengah pertama pada Kompetensi Dasar (KD) 4.1 KELAS V111 SMP berbunyi ”Menangkap makna teks cerita moral, fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan biografi baik secara lisan maupun tulisan” menganalisis pesan dari satu fiksi yang dibaca yaitu menganalisis buku kisah/buku moral.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:03 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:03 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2700 |
Actions (login required)
View Item |