ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PKN

Ambarsari, Mei Dia Siska and KHOLIDAH, NENENG RIKA JAZILATUL and Ismaya, Heru (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PKN. Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri, 2 (2). LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, Bojonegoro. ISBN -

[img] Text
analisis proseding.pdf

Download (297kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Kurikulum adalah acuan pedoman dalam penyelenggaraan pendiidikan. Kurikulum adalah suatu rencana yang dikembangkan untuk mendukung proses penbelajaran di bawah bimbingan sekolah, perguruan tinggi, universitas dan stafnya. Kusus dirancang untuk memberikan berbagai kesempatan belajar untuk mencapai tujuan (Kusumaningrum et al., 2013). Melihat pentingnya kurikulum bagi pendidikan, kita bisa menyadari kalau kurikulum memegang peranan penting di sistem pendidikan. Oleh sebab itu, para pendidik dan guru perlu memiliki pemahaman mendalam terhadap isi kurikulum, sebab tujuan pendidikan secara jelas tercermin di dalamnya. Dengan demikian, pelaksanaan proses pendidikan dapat terjadi dalam suasana yang kondusif, interaktif, efektif, dan lancar. MTs Plus Nabawi Kedungadem adalah sekolah yang diusulkan untuk melaksanakan program Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Saat melaksanakan program kurikulum merdeka di MTs Plus Nabawi Kedungadem, ditemukan bahwa implementasi yang diharapkan ternyata dapat berjalan sesuai keinginan. Oleh karena itu, pemeliti tertarik untuk mengetahui pengimplementasian kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian inii menggunakan metode penelitaian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn di MTs Plus Nabawi Kedungadem ada peningkatan pda prestasi belajar peserta didik, partisipasi aktif pada saat pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan kuwalitas interaksi antara guru dan peserta didik. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:36
Last Modified: 11 Oct 2024 07:36
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item