Wulandari, Nika and KHOLIDAH, NENENG RIKA JAZILATUL and Ismaya, Heru (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN DEMOKRASI. In: Prosiding Seminar Nasional IKIP PGRI Bojonegoro. Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri, 2 (2). LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, Bojonegoro, pp. 89-96. ISBN -
Text
Pelajar Pancasila.pdf Download (380kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan aspek dimensi kreatif dalam pembelajaran demokrasi sekolah pada siswa kelas 7 MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan pengembangan aspek kreatif dalam pembelajaran demokrasi sekolah pada siswa kelas VII di sekolah MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 7 sekolah Pancasila dan siswa kelas 7 sekolah MTs Muhamamdiyah 2 Kedungadem. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dalam strategi yang digunakan oleh guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran seperti penyusunan perangkat pembelajaran yang mendukung Program Profil Siswa Pancasila, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran P5 dengan persiapan dan semangat siswa menerima pembelajaran berbasis projek. Kata Kunci: Kurikulum merdeka, dimensi kreatif, demokrasi
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 07:46 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:46 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2710 |
Actions (login required)
View Item |