Esensi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Proyeksi Pembangunan Pendidikan Moral Di Indonesia

Ismaya, Heru (2016) Esensi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Proyeksi Pembangunan Pendidikan Moral Di Indonesia. Media Prestasi: Jurnal Kependidikan STIKIP PGRI Ngawi, XVII (2). pp. 51-62. ISSN 1979-9225

[img] Text
143-480-2-PB.pdf

Download (776kB)
Official URL: https://scholar.google.com/scholar?q=Esensi+Nilai-...

Abstract

Pancasila sebagai pembangunan pendidikan nasional. Nilai-nilai luhur yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai-nilai yang diharapkan mampu mewarnai perbuatan manusia Indonesia yang dilaksanakan secara objektif dalam penyelenggaraan pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini meenggunakan metode empiris atau non doktrinal untuk mendiskripsikan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai proyeksi pembangunan pendidikan di Indonesia. Pancasila adalah dasar negara dan negara pada dasarnya adalah organisasi (persekutuan hidup) manusia. Oleh karena itu, upaya yang ditempuh oleh negara dalam mewujudkan tujuan seluruh warganya harus dikembalikan pada nilai-nilai dasar hakikat manusia yang “monopluralis” meliputi susunan kodrat manusia yaitu rohani (jiwa) dan raga, sifat kodrat manusia adalah sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk sosial serta kedudukan kodrat manusia sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan nasional harus diamanatkan sebagai upaya praktis untuk mewujudkan cita-cita seluruh rakyat yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur dan berkeTuhanan. Dengan demikian paradigma nilai-nilai manusia yang monopluralis benar-benar harus menjadi dasar dalam memproyeksikan kebijakan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 14 Oct 2024 05:23
Last Modified: 14 Oct 2024 05:23
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item