EKSPERIMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI

Sari, Krisma Dumita (2024) EKSPERIMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
KRISMA DUMITA SARI.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Sari, Krisma Dumita. 2024. Eksperimentasi Metode Discovery Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Sutrimah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Media Audio Visual, Teks Eksplanasi Suatu proses pembelajaran tentunya akan memberikan dampak terhadap tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga berdasarkan hal itu, maka pemilihan metode pembelajaran haruslah variatif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran discovery learning. Metode pembelajaran discovery learning merupakan metode yang melatih siswa untuk aktif dalam menemukan informasi dengan caranya sendiri, dan suatu metode pembelajaran yang berbasis pada sebuah permasalahan. Dalam penerapannya metode discovery learning dapat dikombinasikan dengan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya ialah media audio visual. Media yang memadukan unsur suara dan gambar ini tentunya akan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Teks eksplanasi merupakan suatu teks yang menjelaskan mengenai proses terjadinya suatu fenomena, yang disajikan secara kronologis berdasarkan urutan waktu dan sebab akibat. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah siswa yang diberi perlakuan metode discovery learning berbantuan media audio visual dapat memiliki kemampuan menulis teks eksplanasi lebih baik dari siswa yang tidak diberi perlakuan atau diajar menggunakan metode konvensional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parengan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Parengan dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul berupa data statistik angka yang kemudian dianalisis dengan uji-T dan Uji-F..Hasil penelitian mengenai Eskperimentasi Metode Discovery Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parengan menunjukkan bahwa siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan yaitu metode discovery learning berbantuan media media audio visual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibanding siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dan menggunakan metode belajar konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:43
Last Modified: 16 Oct 2024 03:43
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item View Item