PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH ETNOMATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PIAGET PADA SISWA SMP

MUNA, ZULFA FAUZUL (2024) PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH ETNOMATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PIAGET PADA SISWA SMP. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ZULFA FAUZUL MUNA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Muna, Zulfa Fauzul. 2024. Proses Berpikir dalam Pemecahan Masalah Etnomatematika Berdasarkan Teori Piaget pada Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Dra. Junarti, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd. Kata Kunci: Proses berpikir, Etnomatematika. Asimilasi, Akomodasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah etnomatematika berdasarkan teori Jean Piaget ditinjau dari proses asimilasi dan akomodasi pada siswa kelas VII SMP Plus Izzatul Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 21 siswa dari, yang diambil 4 subjek terpilih dengan rincian, 2 subjek dengan proses berpikir asimilasi dan 2 subjek dengan proses berpikir akomodasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis, angket, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari tes etnomatematika pada materi bilangan rasional, angket proses berpikir, dan pedoman wawancara. Untuk menjaga kevalidan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Triangulasi yang digunakan penelitian yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Proses Berpikir dalam Pemecahan Masalah Etnomatematika Berdasarkan Teori Piaget pada Siswa SMP disimpulkan bahwa, 1) subjek yang terkategori berpikir asimilasi ada kecenderungan menggunakan pengetahuan sebelumnya tentang operasi hitung bilangan rasional dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lama waktu dan berat jajanan, 2) subjek yang terkategori berpikir akomodasi ada kecenderungan dapat memodifikasi pengetahuan sebelumnya tentang operasi hitung bilangan rasional dengan rumusnya sendiri dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lama waktu dan berat jajanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:49
Last Modified: 17 Oct 2024 07:49
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item