PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI STATISTIKA KELAS X SMKN 1 CEPU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

WANGI, CAHYA AYU SEKAR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI STATISTIKA KELAS X SMKN 1 CEPU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
CAHYA AYU SEKAR WANGI.pdf

Download (739kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Wangi, Cahya Ayu Sekar. (2024).”Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas X SMKN 1Cepu Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Drs. Sujiran, M.Pd., Pembimbing II Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Kritis. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal high order thinking skill (HOTS) kelas X SMKN 1 Cepu tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental. Populasinya seluruh kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Cepu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Untuk kelas eksperimen kelompok X pemasaran 2 dan kelompok kontrol X pemasaran 1. Teknik pengumpulan data menggunkan tes dan observasi. Uji instrument yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Uji prasyarat UAS semester ganjil yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Perhitungan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Dari hasil perhitungan uji hipotesis nilai tobs > ttabel atau 5,050 > 1,673 pada taraf signifikan 5%, yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal high order thinking skill (HOTS) pada materi statistika kelas X SMKN 1 Cepu Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:05
Last Modified: 17 Oct 2024 08:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item View Item