PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIS WA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X MA ABU DARRIN

Septiani, Dwi Wulan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIS WA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X MA ABU DARRIN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Dwi Wulan Septiani.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Septiani, Wulan, Dwi. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X MA Abu Darrin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Dra. Junarti, S.Pd., M.Pd, pembimbing (II) Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X MA Abu Darrin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X MA Abu Darrin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimen. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dengan sampel penelitian yang terdiri dari kelas ekperimen berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan dokumentasi dan instrumen tes. Teknik pengumpulan data dari dokumentasi yang digunakan adalah data nilai dari ulangan harian pada materi sistem persamaan linear dua variabel, sedangkan instrumen tes yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang berjumlah 6 butir soal yang sebelumnya sudah diujikan dengan validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji prasyarat diantaranya yaitu ada uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hal ini terbukti dengan uji t dengan taraf signifikansi 5% (0,05), dimana t hitung lebih besar dari t tabel (2.030 > 1.99). Jadi dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:46
Last Modified: 17 Oct 2024 08:46
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item