Mariana, Nisa (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN LEVEL LITERASI MATEMATIS. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Nisa Mariana.pdf Download (744kB) |
Abstract
Mariana, Nisa. 2024. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Level Literasi Matematis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing 1 Dr. Dra. Junarti, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Literasi Matematis Kemampuan koneksi matematis penting dalam membangun kemampuan untuk membantu memecahkan permasalahan. Kemampuan literasi matematis diperlukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap teks bacaan serta meningkatkan kemampuan berpikir tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VI SDN Kalicilik berdasarkan level literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 26 siswa dari kelas VI SD Negeri Kalicilik, yang diambil 8 siswa dengan rincian 2 siswa dengan level 1 literasi matematis, 2 siswa dengan level 2 literasi matematis, 2 siswa dengan level 3 literasi matematis, dan 2 siswa dengan level 4 literasi matematis. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Level Literasi Matematis disimpulkan bahwa, 1) siswa dengan level 1 literasi matematis ada kecenderungan dapat mengkoneksikan antar konsep matematika namun tidak dapat mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain (IPA) dan mengkoneksikan matematika dalam kehidupan sehari-hari, 2) siswa dengan level 2 literasi matematis ada kecenderungan dapat mengkoneksikan antar konsep matematika dan mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain (IPA) namun tidak dapat mengkoneksikan matematika dalam kehidupan sehari-hari, 3) siswa dengan level 3 literasi matematis ada kecenderungan dapat mengkoneksikan antar konsep matematika, mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain, dan mengkoneksikan matematika dalam kehidupan sehari-hari, 4) siswa dengan level 4 literasi matematis ada kecenderungan dapat mengkoneksikan antar konsep matematika, mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain (IPA) dan mengkoneksikan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 05:30 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 05:30 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2737 |
Actions (login required)
View Item |