PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTIONS CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII SMP PLUS AL-AMANAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024

HARIATI, INDAH NUR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTIONS CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII SMP PLUS AL-AMANAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
INDAH NUR HARIATI.pdf

Download (904kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Hariati, Indah Nur. (2024).” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Questions Card Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Plus Al-Amanah Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Novi Mayasari,M.Pd., Pembimbing II Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Questions Card, Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Temas Games Tournament (TGT) dengan berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Sehingga, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Temas Games Tournament (TGT) dengan berbantuan media question card terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VII di SMP Plus Al-Amanah Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Eksperimental. Populasinya seluruh kelas VII di SMP Plus Al-Amanah Dander Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probabilty sampling. Untuk kelas eksperimen terdapat pada kelompok VII-B dan kelompok kontrol pada kelas VII-C. Teknik pengumpulan data menggunkan tes. Uji instrument yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Uji prasyarat UTS semester Genap yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Perhitungan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Dari hasil perhitungan uji hipotesis nilai tobs > ttabel atau 1,731 > 1,673 pada taraf signifikan 5%, yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Temas Games Tournament (TGT) dengan berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VII di SMP Plus Al-Amanah Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:00
Last Modified: 25 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item