ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA

NEGARI, MUTIARA DWI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
MUTIARA DWI NEGARI.pdf

Download (732kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Negari,Mutiara Dwi. 2024. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Multiple Intelligences Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Bapak Drs. Sujiran, M. Pd, Pembimbing II Ibu Dian Ratna Puspananda, M. Pd. Kata Kunci: Multiple Intelligences, kemampuan pemahaman konsep matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan multiple intelligences siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika, angket multiple intelligences, dan wawancara. Terdapat 26 siswa yang mengikuti tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket multiple intelligences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa tergolong kecerdasan interpersonal, 10 siswa tergolong kecerdasan intrapersonal, dan 8 siswa tergolong kecerdasan naturalis. Subjek terpilih ada 6 yang mewakili kelompok atas dan bawah dalam tiap tipe kecerdasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi mampu menguasai 6 indikator pemahaman konsep. Siswa dengan kecerdasan intrapersonal rendah hanya mampu menguasai 3 indikator pemahaman konsep . Siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi menguasai 5 indikator pemahaman konsep. Siswa dengan kecerdasan naturalis rendah belum menguasai indikator pemahaman konsep. Subjek dengan kecerdasan interpersonal tinggi juga mampu menguasai 6 indikator pemahaman konsep. Sedangkan subjek dengan kecerdasan interpersonal rendah hanya mampu menguasai 2 pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:19
Last Modified: 25 Oct 2024 06:19
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item