PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER KELAS X-2 DI SMAN 1 KEDUNGADEM BOJONERORO TAHUN 2022 - 2023

SOFIANINGSIH, RENI (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER KELAS X-2 DI SMAN 1 KEDUNGADEM BOJONERORO TAHUN 2022 - 2023. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
RENI SOFIANINGSIH.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Sofianingsih, Reni. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linier Kelas X-2 Di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro Tahun 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dian Ratna Puspananda, M.Pd., (II) Ayu Fitrianingsih, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Siswa Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas X-2 dan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi persamaan linier siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Kedungaden Bojonegoro Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Kedungadem yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan observasi. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdapat tahapan perencanaan, Tindakan, pengamatan dan refleksi. Refleksi yang dimaksudkan untuk menggali strategi penyusunan alternatif penyempurnaan pada tahap berikutnya. Dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi persamaan linier kelas X-2 SMA Negeri 1 Kedungadem Bojonegoro terjadi peningkatan hasil belajar siswa karena dengan pembelajaran berdiferensiasi siswa belajar sesuai kemauan dan kemampuan siswa sesuai profil belajar mereka dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi persamaan linier sebelun siklus ke siklus I yaitu nilai rata-rata kelas sebelum siklus sebesar 45,5 mengalami peningkatan sebesar 63,8 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 84,9 pada siklus II. porsentase peningkatan hasil belajar sebesar 40,2% pada siklus I menjadi sebesar 86,4% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:48
Last Modified: 25 Oct 2024 07:48
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item