EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH BERBICARA DI PRODI PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO

Darmuki, Agus and Hariyadi, Ahmad (2019) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH BERBICARA DI PRODI PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO. KREDO Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3 (1). pp. 62-72. ISSN (Printed) ISSN 2598-3202 (Online) ISSN 2599-316X

[img] Text
Agus Darmuki 10 Okt 2019_compressed.pdf

Download (667kB)
Official URL: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/4021-13557-1-PB....

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar berbicara lebih baik: (1) model pembelajaran JUCAMA atau Konvensional, (2) visual, auditorial, atau kinestetik, (3) Pada model pembelajaran JUCAMA, mana yang lebih baik visual, auditorial, atau kinestetik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro, yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah 288 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, terpilih tiga kelas yaitu tingkat I-A, IB, dan IC. Sampel berjumlah 93 mahasiswa, dengan rincian 31 mahasiswa IA sebagai eksperimen, 31 mahasiswa tingkat IB sebagai kontrol, dan 31 mahasiswa tingkat IC sebagai ujicoba. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, dan tes prestasi belajar yang telah divalidasi para validator. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Mahasiswa dengan pembelajaran JUCAMA mempunyai prestasi belajar berbicara yang lebih baik dari pada mahasiswa dengan pembelajaran konvensional, (2) Prestasi belajar berbicara mahasiswa yang mempunyai gaya belajar visual lebih baik dari pada prestasi belajar berbicara mahasiswa yang mempunyai gaya belajar auditorial dan kinestetik. Sedangkan prestasi belajar berbicara mahasiswa yang mempunyai gaya belajar auditorial sama baiknya dengan mahasiswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik, (3) Pada pembelajaran JUCAMA, tidak ada perbedaan antara prestasi belajar berbicara pada masing-masing gaya belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username hariyadi
Date Deposited: 04 May 2020 05:51
Last Modified: 04 May 2020 05:51
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item