ARDIANSYAH, YUSUF (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI TUMBRASANOM KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Yusuf Ardiansyah.pdf Download (437kB) |
Abstract
Ardiansyah, Yusuf. 2024. Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI Tumbrasanom Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Novi mayasari, S.Pd., M.Pd., pembimbing (II) Anis Umi Khiorotunnisa S. Pd, M. Pd Kata kunci: berfikir kritis, matematika, pjbl, post-test Matematika berasal dari bahasa yunani mathemtica yang diambil dari bahasa yunani mathemtike yang mempunyai arti “relating to learning”. Istilah tersebut memiliki akhir kata mathema yang berarti belajar (berpikir). Kemampuan berpikir siswa matematika khususnya di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) masih belum pengembangan strategi pembelajaran matematika yang efektif, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar dan juga dapat menjadi acuan bagi guru. Siswa diberikan soal post-tes kemudian dilakukan project based learning dengan pemaparan bangun ruang dengan dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab. Setelah itu diberikan soal post-tes lagi dengan jenis soal yang sama. Setelah itu nilai post-tes sebelum PjBL dibandingkan dengan nilai post-tes sesudah PjBL. Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PJBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran bangun ruang sisi data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai tobs (21,16) lebih besar dari ttabel (1,6697) pada taraf signifikan 5%, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) yang efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:43 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:43 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2750 |
Actions (login required)
View Item |