PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK JONEGOROAN

Sari, Rina (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK JONEGOROAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
RINA SARI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Sari, Rina. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika SD Berbasis Etnomatematika Batik Jonegoroan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd., Pembimbingan II Ari Indriani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: LKPD, Etnomatematika, Batik Jonegoroan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan LKPD. 2) Mendeskripsikan tingkat kelayakan LKPD. 3) Mendeskripsikan tingkat kepraktisan dan keefektifan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dari ahli materi, ahli desain, dan ahli pendidikan matematika, angket respon pendidik dan peserta didik, serta lembar tes. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Proses pengembangan melibatkan lima tahap sistematis: analisis, desain (menggunakan Canva), pengembangan, implementasi, dan evaluasi, untuk memastikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD. Analisis menunjukkan siswa kesulitan memahami materi dan bosan dengan bahan ajar yang ada. Validasi ahli menunjukkan LKPD sangat valid dengan nilai rata-rata 4,46. Implementasi di kelas dan evaluasi sumatif menunjukkan hasil positif dan keefektifan LKPD. 2) Validasi ahli materi rata-rata 4, ahli desain 3,75, dan ahli pendidikan matematika 4,65, serta nilai rata-rata keseluruhan 4,46, yang tergolong "sangat valid". 3) Kepraktisan LKPD dinilai sangat praktis oleh pendidik (rata-rata 4,33) dan peserta didik (rata-rata 4,59). Keefektifan penggunaan LKPD ini meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun datar, dengan persentase ketuntasan meningkat dari 47,83% pada pre-test menjadi 78,26% pada post-test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:30
Last Modified: 28 Oct 2024 03:30
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item