PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS BATIK KONTEMPORER KHAS TUBAN

KOMSATUN, SITI (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS BATIK KONTEMPORER KHAS TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Siti Komsatun.pdf

Download (630kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Komsatun, Siti, 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Batik Kontemporer Khas Tuban. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Puput Suriyah, M.Pd., (II) Ali Noeruddin S.Si. M.Pd. Kata kunci: LKPD, Batik Kontemporer, Transformasi Geometri. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk pembelajaran transformasi geometri berbasis batik kontemporer khas Tuban, 2) Mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk pembelajaran transformasi geometri berbasis batik kontemporer khas Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap Analysis, dilakukan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tahap Design meliputi perancangan LKPD, pemilihan motif batik Tuban dan penyusunan instrumen penelitian berupa lembar angket dan lembar validasi. Tahap Development, melibatkan penyusunan LKPD kemudian divalidasi oleh para ahli. Tahap Implementation dilakukan uji coba kepada peserta didik. Tahap terakhir evaluation meliputi analisis data untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan 0,87 kategori sangat valid dapat diujikan tanpa revisi. Hasil penilaian tingkat kepraktisan oleh guru matematika dan respon positif peserta didik dengan persentase nilai yang didapatkan sebesar 80% kategori praktis. Sedangkan tingkat keefektifan diperoleh nilai 76,1% kategori efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:40
Last Modified: 28 Oct 2024 04:40
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item View Item