SALMAWATI, ROFIFAH MEI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PLUS IZZATUL UMMAH. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Rofifah Mei Salmawati.pdf Download (423kB) |
Abstract
Salmawati, Rofifah Mei. 2024. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Melalui Kemandirian Belajar Siswa SMP Plus Izzatul Ummah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Novi Mayasari, M.Pd., Pembimbing (II) Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika, Kemandirian Belajar, Matematika Literasi matematika tidak hanya mencakup pemahaman konsep-konsep matematika, tetapi juga kemampuan untuk menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pendidikan modern, pendekatan ini menekankan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran mereka. Kemandirian belajar memainkan peran penting dalam mengembangkan literasi matematika, karena siswa yang mandiri cenderung lebih mampu menjelajahi konsep-konsep matematika, mencari sumber daya tambahan, dan mengembangkan pemahaman yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimana kemandirian belajar siswa, 2) Bagaimana kemampuan literasi matematika siswa 3) Bagaimana kemampuan literasi matematika melalui kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 20 siswa dari kelas VII SMP Plus Izzatul Ummah, yang diambil 6 siswa dengan rincian, 2 siswa dengan kemandirian belajar tinggi, 2 siswa dari kemandirian belajar sedang, dan 2 siswa dari kemandirian belajar rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes tulis, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari tes angket kemandirian belajar, tes soal literasi matematika materi aritmatika sosisal, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kemampuan Literasi Matematika Melalui Kemandirian Belajar Siswa SMP Plus Izzatul Ummah dapat disimpulkan bahwa, 1) kemandirian belajar tinggi subjek semangat belajarnya tinggi dan rasa ingin tahu akan suatu hal baru sangat tinggi, sedangkan untuk kategori sedang, subjek terpilih memiliki rasa semangat belajar yang kurang dan untuk subjek dengan kategori rendah hampir tidak memiliki rasa ketertarikan dalam belajar. 2) Siswa dengan tingkat kemandirian belajar yang tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika. Siswa dengan tingkat kemandirian belajar sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator. Siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator bahkan tidak memenuhi sama sekali. 3) kemampuan literasi dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa, ketika kemandirian belajar yang dimiliki tinggi kemampuan literasi matematika siswa juga tinggi, kemandirian belajar sedang kemampuan literasi matematika juga sedang, dan kemandirian belajar rendah kemampuan literasi matematika juga rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:50 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:50 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2757 |
Actions (login required)
View Item |