PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI POLA BARISAN ARITMETIKA BERBASIS SENI KARAWITAN GENDHING SRI HUNING TUBAN

Pramesti, Eltasari (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI POLA BARISAN ARITMETIKA BERBASIS SENI KARAWITAN GENDHING SRI HUNING TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Eltasari Pramesti.pdf

Download (731kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Pramesti, E. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Pola Barisan Aritmetika Berbasis Seni Karawitan Gendhing Sri Huning Tuban. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Dr. Puput Suriyah, M. Pd., Pembimbing II Ali Noeruddin, M. Pd. Kata kunci: : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pola Barisan Aritmetika, Seni Karawitan, Gendhing Sri Huning Tuban Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika. Mayoritas siswa kurang termotivasi mempelajari matematika. Hal tersebut dikarenakan kandungan materi pada bahan ajar tersebut tidak berkaitan dengan pengalaman pribadi peserta didik. Oleh karena itu, materi yang disampaikan menjadi abstrak dan mengakibatkan siswa menjadi jenuh. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi pola barisan aritmetika menggunakan pendekatan etnomatematika pada seni karawitan Gendhing Sri Huning Tuban. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui kualitas dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan. Kriteria kualitas produk yang dikembangkan mengacu pada tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research And Development) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari 4 tahapan, yakni: 1) tahap define, 2) tahap design, 3) tahap develop, 4) tahap disseminate. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs Islamiyah Kedungjambe Singgahan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, tes tertulis, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, praktikalitas, dan keefektivan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan etnomatematika yaitu seni karawitan Gendhing Sri Huning Tuban. Kualitas produk ini ditinjau dari tingkat kevalidan diperoleh nilai sebasar 91% kategori sangat valid, nilai kepraktisan sebesar 82% kategori sangat praktif, dan tingkat keefektifan sebesar 56% kategori efektiv. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis seni karawitan Gendhing Sri Huning Tuban yang dikembangkan dengan model 4D layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar bagi peserta didik guna memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Oct 2024 08:13
Last Modified: 28 Oct 2024 08:13
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item