HENIKMAH, HENIKMAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 DANDER. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
HENIKMAH.pdf Download (919kB) |
Abstract
Henikmah. 2024. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Dander. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Puput Suriyah, S.Pd., M. Pd, Pembimbing (II) Ali Noeruddin, S.Si., M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, minat belajar, aljabar Kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran matematika ialah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh siswa. Keterampilan pemecahan masalah dapat memudahkan siswa dalam memahami, menghubungkan , dan menggunakan konsep matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang mampu dalam menyelesaikan soal matematika. Kemampuan pemecahan masalah dapat didorong dengan adanya minat belajar pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 1 Dander ditinjau dari minat belajar. Penelitian ini menggunakan 4 indikator kemampuan pemecahan masalah menurut teori Polya dan 4 indikator minat belajar menurut Slameto. Indikator kemampuan pemecahan masalah adalah memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Sedangkan indikator minat belajar yaitu perasaan senang, keterkaitan, perhatian, keterlibatan. Penelitian ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII-E terdiri dari 29 siswa yang akan mengikuti angket minat belajar yang nantinya akan digolongkan kedalam 3 kategori minat belajar yaitu minat belajar tinggi, minat belajar sedang dan minat belajar rendah. Dari hasil angket minat belajar diambil 6 siswa sebagai subjek untuk mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah yang diambil 2 siswa di setiap kategori minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket minat belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan dengan tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat belajar tinggi mampu mengerjakan seluruh soal dengan menggunakan 4 indikator pemecahan masalah menurut Polya dengan sedikit kesalahan. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat belajar sedang. Siswa tidak mampu merencanakan pemecahan masalah dengan menuliskan rumus secara tepat sesuai dengan permintaan soal, meskipun pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah hasil yang diperoleh benar. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat belajar rendah, siswa hanya mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah akan tetapi pada hasil akhir yang diperoleh tidak tepat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 08:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 08:30 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2759 |
Actions (login required)
View Item |