ANALISIS STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA

Aini, Dwi Nur (2024) ANALISIS STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Dwi Nur Aini.pdf

Download (641kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Aini, Dwi Nur. (2024). “Analisis Strategi Penyelesaian Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr Puput Suriyah, M.Pd, Pembimbing II Boedy Irhadtanto, S.T.,M.Pd. Kata Kunci: strategi, kemampuan awal matematika, penyelesaian masalah matematis Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak terlepas dari pemecahan masalah. Berdasarkan empat tahapan penyelesaian masalah yang dicetuskan oleh George Polya, tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkannya terutama pada tahap kedua yaitu menyusun rencana. Dalam hal ini siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian yang tepat. Salah satu faktor penyebabnya adalah tingkat pemahaman siswa terhadap konsep matematika masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi penyelesaian masalah matematis yang digunakan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Polya terutama pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kelas X RPL SMK Negeri Ngasem. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan merekdusi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh sebanyak 4 siswa yang termasuk kategori KAM tinggi, 26 siswa dengan kategori KAM sedang dan 2 siswa dengan kategori KAM rendah. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat 3 jenis strategi penyelesaian yan digunakan oleh siswa yaitu menentukan pola, coba-coba dan mengubah sudut pandang. Strategi menentukan pola digunakan oleh siswa dengan kategori kelompok KAM tinggi dan sedang. Sedangkan strategi coba-coba digunakan siswa dengan kategori KAM sedang. dan untuk siswa dengan kategori KAM rendah menggunakan strategi mengubah sudut pandang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi penyelesaian yang digunakan bisa berbeda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Oct 2024 08:38
Last Modified: 28 Oct 2024 08:38
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item View Item