Hanifah, Lailatul (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA PLUS AL-AMANAH BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
LAILATUL HANIFAH.pdf Download (659kB) |
Abstract
Hanifah, Lailatul. 2024. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Debat Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XI SMA Plus Al-Amanah Bojonegoro”, Skripsi. Pendidikan Pancasila. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Neneng Rika Jazilatul Kholidah, S.Pd., M.H., Pembimbing (II) Drs. Heru Ismaya, M.H. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, debat aktif, Pendidikan Pancasila, SMA Plus Al-Amanah Bojonegoro Pembelajaran debat aktif dianggap sebagai salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kritis melalui pembelajaran debat aktif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari pembelajaran debat aktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Plus Al-Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara guru-siswa, angket siswa, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran debat aktif secara efektif dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber dalam konteks nilai-nilai Pancasila. Temuan ini mempunyai implikasi penting untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam mata pelajaran yang relevan dengan nilai-nilai budaya dan moral negara. Hasil temuan ini adalah 80% siswa kelas XI SMA Plus Al-Amanah Bojonegoro mampu berpikir kritis melalui pembelajaran debat aktif dan 20% siswa menjadi gaduh karena bersemangat dalam penyampaian argumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 05:06 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 05:06 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2799 |
Actions (login required)
View Item |