NURDIANA, HENI (2024) ANALISIS FAKTOR DAN DAMPAK PELANGGARAN TATA TERTIB TERHADAP KEBIJAKAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
HENI NURDIANA.pdf Download (673kB) |
Abstract
Nurdiana ,Heni. (2024). “Analisis Dampak dan Faktor Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Terhadap Kebijakan Sekolah Pada Kelas VIII SMPN 2 Gondang. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Ernia Duwi Saputri, M.H., Pembimbing (II) Fifi Zuhriah, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Dampak dan Faktor Pelanggaran. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di SMPN 2 GONDANG adalah Mendiskripsikan dan menjelaskan mengenai faktor yang mempengaruhi siswa dalam melangar tata tertib dan mendiskripsikan dan menjelaskan mengenai dampak pelanggaran tata tertib terhadap kebijakan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif atau dengan mengunakan metode deskriptif yang cendrung mengunakan analisis dan wawancara. Dari hasil penelitian menujukan dari sebanyak 32 siswa di peroleh sebanyak 16 siswa atau (50%) siswa melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Terdapat 8 siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah seperti datang terlambat saat ke sekolahan, membolos, tidak mengerjakan PR, tidak mengerjakan tugas.Dan ada juga 8 siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah seperti datang terlambat saat ke sekolahan, membolos, merokok, tidak mengerjakan PR dan tidak mengerjakan tugas. Dan ada juga 16 siswa atau (50%) siswa tidak melakukan pelanggaran tata tertib sekolah bahkan sangat taat pada peraturan tata tertib sekolah. ix Pada proses penelitian , peneliti menemui siswa yang masih melanggar peraturan tata tertib sekolah, pelanggaran yang sering dilakukan oleh siswa dan siswi kelas VIII SMPN 2 Gondang yakni, Bahwasanya disekolah seringkali terjadi permasalahan siswa yang tidak menaati peraturan, seperti datang terlambat ke sekolah, tidak memakai seragam yang sesuai, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, tidak menyelesaikan tugas yang diberikan, membolos, merokok, bahkan tidak membawa buku pelajaran, hal ini menunjukkan bahwa ketertiban belum menjadi budaya bagi siswa- siswi. Selain itu juga ada beberapa faktor dampak dan yang mempengaruhi siswa dalam melangaran tata tertib sekolah. Dalam hal tersebut terjadi karena ada faktor yang mempengaruhi siswa dalam melakukan pelanggaran tata tertib sekolah yakni faktor internal dan ekternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 05:27 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 05:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2802 |
Actions (login required)
View Item |