Nurfadilla, Suryanti Novi (2024) ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SURYANTI NOVI NURFADILLA.pdf Download (745kB) |
Abstract
Nurfadilla, Suryanti Novi, 2024. Analisis Gaya Mengajar Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman Tahun pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila da Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ernia Duwi Saputri,S.Pd.,M.H. (II) Fifi Zuhriah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, PKn, Kedisiplinan Penelitian ini di latarbelakangi oleh adannya fenomena yang ada bahwasannya anak yang sering bolos adalah anak kelas VIII di MTs Islamyah Kasiman anak – anak tersebut sering tidak masuk dan berkeliaran di warung bersama teman – temannya dan menurut fakta dilapangan banyak siswa yang berkeliaran pada waktu jam sekolah berlangsung mereka menyepelekan akan daftar hadir mereka padahal dalam suatu penilaian seorang guru daftar hadir juga termasuk faktor penting untuk memberikan tambahan nilai bagi mereka. Tujuan Penelitian untuk mengidentifikasi gaya apa saja yang digunakan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kasiman dan untuk mengetahui gaya mengajar guru apa dapat mempengaruhi proses meningkatnya kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kasiman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi , wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif. Model ini berawal dari meringkas data, menyajikan data, dan sampai ke verifikasi dan kesimpulan data. Hasil penelitian skripsi ini pembelajaran PKn yang dipimpin oleh Bu Rita pada MTs Kasiman menyenangkan, itu dikarenakan gaya pembelajaran yang di terapkan oleh Guru PKn yaitu tidak monoton. Tidak monoton yang dimaksudkan disini yaitu dalam pembelajaan sehari-hari tidaklah berfokus hanya pada buku tetapi guru PKn juga serig berkeliling ke meja siswa dan menanyakan langsung kesulitan yang dihadapi oleh siswa. erdasarkan hasil angket tentang analisis gaya mengajar guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yang telah peneliti berikan di kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman. Diperoleh skor 162 dengan rata - rata 84,3 siswa menyatakan bahwa media pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. pada indikator angket tentang pelajaran PKn tersebut menyenangkan mendapatkan respon siswa dengan skore 160 dan rata – rata 83% yang mana dapat kategorikan bahwa siswa antusias dalam pembelajaran PKn. Kemudian dapat juga didukung dengan indikator angket yang pertanyaannya siswa tersebut mempunyai keinginan untuk menjadi siswa yang disiplin score 160 dan juga rata – rata 83%. Dari dua pernyataan berikut dapat simpulkan bahwa hubungan antara gaya mengajar guru dengan kedsiplinan siswa sangat dibutuhkan pada proses pendisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 05:48 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 05:48 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2803 |
Actions (login required)
View Item |