IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN DEMOKRASI (STUDI PADA SISWA KELAS 7 MTs MUHAMMADIYAH 2 KEDUNGADEM)

Wulandari, Nika (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN DEMOKRASI (STUDI PADA SISWA KELAS 7 MTs MUHAMMADIYAH 2 KEDUNGADEM). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
NIKA WULANDARI.pdf

Download (914kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Wulandari. Nika, (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Dalam Pembelajaran Demokrasi (Studi Pada Siswa Kelas 7 MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Neneng Rika J.K., S.Pd., M.H. Pembimbing (II) Drs. Heru Ismaya, M.H. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Dimensi Kreatif, Demokrasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan aspek dimensi kreatif dalam pembelajaran demokrasi sekolah pada siswa kelas 7 MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan pengembangan aspek kreatif dalam pembelajaran demokrasi sekolah pada siswa kelas 7 di sekolah MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Pancasila kelas 7 dan siswa kelas 7 sekolah MTs Muhammadiyah 2 Kedungadem. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dalam strategi yang digunakan oleh guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran seperti penyusunan perangkat pembelajaran yang mendukung Program Profil Siswa Pancasila, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran P5 dengan persiapan dan semangat siswa menerima pembelajaran berbasis projek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:14
Last Modified: 12 Nov 2024 06:14
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item