Ambarsari, Mei Dia Siska (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PKN DI MTS PLUS NABAWI KEDUNGADEM. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
MEI DIA SISKA AMBARSARI.pdf Download (802kB) |
Abstract
Ambarsari, Mei, Dia, Siska. 2024. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatan Mutu Pembelajaran PKn di MTs Plus Nabawi Kedungadem. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Neneng Rika Jazirotul Kholidah, S.Pd., M.H. (II) Drs. Heru Ismaya, M.H. Kata kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kurikulum adalah acuan pedoman dalam penyelenggaraan pendiidikan. Kurikulum adalah suatu rencana yang dikembangkan untuk mendukung proses penbelajaran di bawah bimbingan sekolah, perguruan tinggi, universitas dan stafnya. Kusus dirancang untuk memberikan berbagai kesempatan belajar untuk mencapai tujuan (Kusumaningrum et al., 2013). Melihat pentingnya kurikulum bagi pendidikan, kita bisa menyadari kalau kurikulum memegang peranan penting di sistem pendidikan. Oleh sebab itu, para pendidik dan guru perlu memiliki pemahaman mendalam terhadap isi kurikulum, sebab tujuan pendidikan secara jelas tercermin di dalamnya. Dengan demikian, pelaksanaan proses pendidikan dapat terjadi dalam suasana yang kondusif, interaktif, efektif, dan lancar. MTs Plus Nabawi Kedungadem adalah sekolah yang diusulkan untuk melaksanakan program Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Saat melaksanakan program kurikulum merdeka di MTs Plus Nabawi Kedungadem, ditemukan bahwa implementasi yang diharapkan ternyata dapat berjalan sesuai keinginan. Oleh karena itu, pemeliti tertarik untuk mengetahui pengimplementasian kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian inii menggunakan metode penelitaian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn di MTs Plus Nabawi Kedungadem ada peningkatan pda prestasi belajar peserta didik, partisipasi aktif pada saat pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan kuwalitas interaksi antara guru dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:18 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:18 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2809 |
Actions (login required)
View Item |