PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA IPS KELAS VIII DI SMPN 1 KALITIDU

AMALA, YUSI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA IPS KELAS VIII DI SMPN 1 KALITIDU. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
YUSI AMALA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Amala,Yusi (2024).”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Keaktifan Belajar Siswa IPS Kelas VIII Di SMPN 1 Kalitidu”. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Falkultas FPIPS. IKIP PGRI BOJONEGORO. Pembimbing (I) Ali Mujahidin S,Pd.,M.M, Pembimbing (II) Rika Pristian F,A.M.Pd. Kata kunci : Quizizz, keaktifan belajar, IPS, media pembelajaran. Sebuah pendidikan memegang peranan penting dalam suatu bangsa, dengan pendidikan yang baik seseorang dapat meningkatkan kualitas hidup, memperoleh pengetahuan. Pendidikan di indonesia saat ini mengalami banyak kemajuan, namun upayanya masih belum maksimal, salah satunya dalam bidang teknologi yaitu penggunaan media pembelajaran, dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini “ Apakah Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Keaktifan Belajar Siswa IPS kelas VIII di SMPN I KALITIDU”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap keaktifan belajar siswa IPS kelas VIII di SMPN 1 KALITIDU. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Kalitidu berjumlah 283 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling menggunakan rumus slovin berjumlah 165 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Hasil uji ANOVA menunjukkan hubungan linear yang sangat signifikan (p = 0.909) antara penggunaan Quizizz dan keaktifan siswa. hipotesis menggunakan uji t menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan Quizizz terhadap keaktifan belajar siswa (t = 7.129, p = 0.000). Penolakan hipotesis nol (H◻) dan penerimaan hipotesis alternatif (H◻) mengonfirmasi bahwa Quizizz merupakan faktor yang secara statistik signifikan dalam meningkatkan keaktifan siswa. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran Quizizz memiliki pengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa IPS kelas VIII di SMPN 1 Kalitidu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:17
Last Modified: 13 Nov 2024 04:17
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item