ANALISIS STRENGHT WEAKNESS OPPORTUNITY TREATH (SWOT) UNTUK PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY KERUPUK PASIR DI KECAMATAN KEPOHBARU

Askafi, Mochamad Choirudin (2024) ANALISIS STRENGHT WEAKNESS OPPORTUNITY TREATH (SWOT) UNTUK PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY KERUPUK PASIR DI KECAMATAN KEPOHBARU. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Mochamad Choirudin Askafi.pdf

Download (627kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Askafi, Mochamad Choirudin. (2024). ―Analisis Strenght Weakness Opportunity Treath (SWOT) Untuk Pengembangan Usaha Home Industry Kerupuk Pasir di Kecamatan Kepohbaru‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Ali Mujahidin, S.Pd., M.M. Pembimbing II Rika Pristian F,A. M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan usaha, Home industry, Analisis SWOT Dalam era globalisasi, pengembangan usaha menjadi tantangan bagi pelaku bisnis, terutama di sektor home industry yang menghadapi persaingan ketat dan berbagai kendala internal serta eksternal. Penelitian ini bertujuan pada strategi pengembangan usaha home industry kerupuk pasir di Desa Sumberoto, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dengan menggunakan analisis SWOT. Melalui wawancara dan observasi, ditemukan bahwa meskipun pemasaran dilakukan secara offline, usaha ini tetap meraih keuntungan signifikan berkat kualitas produk yang tinggi dan distribusi yang baik. Namun, kendala seperti kurangnya inovasi dan stabilitas harga bahan baku memerlukan strategi khusus. Analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan dan peluang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman, dengan strategi seperti peningkatan kualitas produk dan pemanfaatan teknologi informasi. Hasil penelitian ini ditemukan 4 strategi yaitu (1) Strategi SO (Strength- Opportunity): Meningkatkan kualitas rasa produk, memperluas pemasaran dan promosi, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (2) Strategi WO (Weakness-Opportunity): Meningkatkan kualitas rasa produk untuk meningkatkan daya saing dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemasaran dan promosi. (3) Strategi ST (Strength-Threat): Meningkatkan kualitas rasa produk untuk mempertahankan pelanggan dan memanfaatkan lokasi yang strategis untuk meningkatkan jangkauan pasar. Dan (4) Strategi WT (Weakness-Threat): Meningkatkan kualitas rasa produk untuk meminimalkan dampak faktor musim atau cuaca dan memperluas pemasaran dan promosi produk untuk meningkatkan penjualan di musim sepi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 13 Nov 2024 05:46
Last Modified: 13 Nov 2024 05:46
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item