ROHMATIN, PUTRI APRILIA (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS VII H SMP NEGERI 1 KALITIDU. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Putri Aprilia Rohmatin.pdf Download (720kB) |
Abstract
Rohmatin, Putri Aprilia . (2024). “ Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Di Kelas VII H SMP Negeri 1 Kalitidu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Ali Mujahidin, M.M, Pembimbing II Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), Keaktifan belajar siswa, Prakarya Pelaksanaan pembelajaran Prakarya di kelas VII H Semester ganjil SMP Negeri 1 Kalitidu banyak ditemui siswa yang kurang aktif hanya diam selama proses pembelajaran Prakarya berlangsung. Pada hal ini pembelajaran masih sangat konvesional guru menerangkan lalu siswa praktik membuat olahan dan mengerjakan soal. Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung membosankan dan sangat monoton. Pembelajaran seperti itu mengakibatkan siswa tidak aktif dan hanya diam mendengarkan tidak ada interaksi antara siswa dan guru sedangkan di atas di terangkan jika pembelajaran dikatakan berhasil dikarenakan adanya interaksi antara siswa dan guru. Namun tidak bisa di pungkiri jika pembelajaran saat ini masih banyak yang menggunakan metode satu arah dimana guru menerangkan siswa hanya mendengarkan. Sehubungan dengan kenyataan tersebut maka ditetapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas VII H SMP Negeri 1 Kalitidu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan ada yang bersifat kuantitatif, namun uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Berdasarkan hasil penelitaian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada Siklus I, keaktifan siswa sebesar 37%, menunjukkan partisipasi yang kurang aktif. Pada Siklus II, keaktifan siswa meningkat menjadi 46%, tetapi masuk dalam kategori kurang aktif, setelah perbaikan pada media pembelajaran, pembentukan kelompok, dan sistem penghargaan. Pada Siklus III, keaktifan siswa mencapai 81%, masuk kategori aktif, dengan penggunaan media yang lebih beragam, struktur kelompok yang lebih baik, dan permainan edukatif interaktif. Secara keseluruhan, model TGT efektif meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Prakarya di kelas VII H SMP Negeri 1 Kalitidu, dengan peningkatan bertahap. Impliksi penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat digunakan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan memperhatikan variasi dalam media pembelajaran, pembentukan kelompok yang strategis, dan sistem penghargaan yang bervariasi, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:16 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:16 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
View Item |