EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALITIDU TAHUN AJARAN 2023/2024

WAHYUNINGSIH, PUTRI EKA (2024) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALITIDU TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
PUTRI EKA WAHYUNINGSIH.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Wahyuningsih, P. E., 2024. "Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Rohman, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Pembelajaran seharusnya dilakukan dengan cara yang menyenangkan antara guru dan siswa. Namun, kenyataannya proses belajar mengajar seringkali berjalan secara monoton dengan model pembelajaran yang kurang efektif. Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi eksperimental, sampel penelitian ini adalah kelas XI-8 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-6 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk melihat data akademis awal siswa dan tes untuk melihat data akhir hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui uji-t. Dari hasil analisis data menunjukkan pengujian hipotesis thitung 2,238 > ttabel 1,667 dengan Nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t sebesar 0,029. Dengan p-value = 0,029 < α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional ceramah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:35
Last Modified: 14 Nov 2024 03:35
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item