STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN GRAFIS PRENEUR DALAM KONTEKS EKONOMI KREATIF (STUDY KASUS UMKM KOPITANI SPACE ART)

Mayora, Bagus Sakti Artha (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN GRAFIS PRENEUR DALAM KONTEKS EKONOMI KREATIF (STUDY KASUS UMKM KOPITANI SPACE ART). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Bagus Sakti Artha Mayora.pdf

Download (410kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Artha, S. B. (2024). “Strategi Pengembangan Desain Grafis Preneur Dalam Konteks Ekonomi Kreatif (Study Kasus UMKM Kopitani)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. (I) Nur Rohman, M.Pd., (II) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd. Kata Kunci:(Desain grafispreneur, ekonomi kreatif, strategi pengembangan, keahlian, jaringan, inovasi, pemasaran, teknologi, manajemen bisnis ) Terkait dengan pesatnya pertumbuhan sektor global, dimana permintaan akan desain grafis berkualitas tinggi semakin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan identitas merek yang kuat, Ekonomi kreatif tidak hanya mengandalkan sumber daya alam saja, tetapi juga dengan sumber daya manusia yang di dukung dengan gagasan, ide dan kreativitas SDM. Pengembangan desain grafispreneur dalam konteks ekonomi kreatif membutuhkan strategi komprehensif yang mencakup penguatan keahlian, membangun jaringan, inovasi, pemasaran, adaptasi, pemanfaatan teknologi, dan manajemen bisnis. Dengan strategi yang tepat, desainer grafispreneur dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis desain grafis sebagai preneur dalam konteks ekonomi kreatif di Indonesia. Melalui studi kasus pada desainer grafis yang telah sukses, penelitian ini mengidentifikasi bahwa kompetensi digital, kemampuan beradaptasi dengan tren pasar, serta jaringan profesional yang kuat merupakan faktor kunci keberhasilan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa model bisnis berbasis proyek dan kolaborasi dengan klien merupakan strategi yang efektif dalam mengembangkan bisnis desain grafis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi desainer grafis pemula dalam membangun bisnis yang berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi kreatif di Bojonegoro. Dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan desain bisnis, penelitian ini menyarankan model bisnis yang inovatif dan berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini juga membahas pentingnya branding, pemasaran digital, dan kolaborasi dengan pihak lain dalam mengembangkan bisnis desain grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:58
Last Modified: 14 Nov 2024 07:58
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item View Item