WAHYUDAH, WIDJI ARIM (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, COLLABORATION, COMMUNICATION DAN CREATIVITY) SISWA KELAS XI-5 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
WIDJI ARIM WAHYUDAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wahyudah, Widji Arim. (2024). “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi 4c (Critical Thinking, Collaboration, Communication Dan Creativity) Siswa Kelas XI-5 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 1 Kedungadem”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Ayis Crusma Fradani, M.Pd, Pembimbing (II) Dr.Fruri Stevani,M.Pd Kata Kunci : Strategi, Kompetensi 4C, Kurikulum Merdeka Pendidikan adalah kegiatan yang sangat mendesak dan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan dan realisasi diri individu—khususnya penting bagi pembangunan nasional. Pendidikan di Abad 21 melahirkan soft skill (4C skill) bukanlah hal yang mudah, sehingga perlu ada strategi untuk mempermudahnya. Namun, strategi yang digunakan oleh guru belum maksimal dalam meningkatkan kompetensi 4 C (Critical Thinking, Collaboration, Communication Dan Creativity). Mereka menghadapi kesulitan dalam menganalisis informasi secara kritis, melontarkan argumen, atau membuat keputusan rasional. mereka memiliki keterbatasan yang menghalangi mereka untuk bekerja sama dalam kelompok. Keterbatasan komunikasi, siswa menghadapi kesulitan untuk menyampaikan konsep. Namun, faktanya strategi yang digunakan oleh guru belum memaksimalkan kemampuan 4c ini terdiri Critical Thinking, Collaboration, Communication Dan Creativity). Berdasarkan latar belakang dipaparkan, sehingga rumusan masalah ini adalah begaimana strtagi guru yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan 4c ini berupa critical thinking, collaboration, communication dan creativity. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi fenomenologi. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verfikasi. Teknik validasi data berupa triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Sumber data yang digunakan adalah Sumber data primer dan Sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya dalam meningkatkan 4c (critical thinking, collaboration, communication dan creativity). Dalam meningkatkan berfikir kritis siswa dengan penggunaan pembelajaran problem based learning meningkatkan siswa dalam berfikir kritis dengan hal itu dilakukan, meningkatkan berkomunikasi siswa dengan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil tugas kelompok, pembiasaan tugas kelompok sebagai bentuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkolaborasi. Pembiasaan tugas discovery learning (pembelajaran penemuan) sebagai pelatihan terhadap siswa untuk mencari jawaban pertanyaan yang diberikan guru meningkatkan kreatifitas siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam meningkatkan kompetensi 4c dapat dilakukan dengan Strategi guru dalam meningkatkan kompetensi berfikir siswa adalah dengan berfikir kritis bermula dengan kegiatan pembelajaran yang mengarah kepada pemecahan sebuah masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 08:19 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 08:19 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2821 |
Actions (login required)
View Item |