Mawardani, Putri Indah Tri (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI-7 DI SMAN 1 KEDUNGADEM. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Putri Indah Tri Mawardani.pdf Download (959kB) |
Abstract
Mawardani, Putri. (2024) ”Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas XI-7 Di SMAN 1 Kedungadem”. Program studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Ayis Crusma Fradani,S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II Fruri Stevani, S.Pd.,M.Pd. kata Kunci : Implementasi, Media Pembelajaran, Minat Belajar Aplikasi yang menjadi salah satu pendukung pembuatan media pembelajaran agar terlihat menarik yaitu aplikasi Canva. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SMAN 1 Kedungadem pada kelas XI-7 mata pelajaran ekonomi, siswa menunjukkan sikap kurangnya minat, kurangnya kemauan dan rendahnya respon terhadap materi yang di sampaikan guru. guru mata pelajaran ekonomi sudah memanfaatkan media seperti PPT pada proses pembelajaran. namun siswa masih kurang berminat dan memperhatikan apa yang di sampaikan oleh guru. karena media PPT biasanya hanya berisikan tulisan tulisan di dalamnya yang membuat siswa merasa kurang tertarik memperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana “Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-7 Di SMAN 1 Kedungadem”. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi. wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan cara pengumpulan data mentah, reduksi data,display data, lalu yang terakhir adalah penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi media video animasi berbasis canva berimplikasi positif dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas XI-7 di SMAN 1 Kedungadem. Penelitian menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva dalam mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kedungadem dilakukan melalui tiga tahap: menyiapkan perangkat pembelajaran, membuat media video animasi, dan mempersiapkan sarana pembelajaran seperti proyektor LCD dan laptop. Pelaksanaannya melibatkan guru yang menayangkan video berbasis Canva tentang materi perpajakan, yang berhasil menarik perhatian siswa dan meningkatkan keaktifan mereka dalam belajar. Observasi dan wawancara menunjukkan bahwa penggunaan media ini berdampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI-7.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 08:27 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 08:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2822 |
Actions (login required)
View Item |