RAHAYU, ADIS MELIYA SUCI (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG GEOWISATA TEKSAS WONOCOLO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
ADIS MELIYA SUCI RAHAYU.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rahayu, A. M. S., 2024. Pengaruh Social Media Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Geowisata Teksas Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ali Mujahidin, S. Pd., M. M (II) Rika Pristina F. A. M. Pd. Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Daya Tarik, dan Minat Berkunjung Media sosiaI adalah saIah satu aIat pemasaran digitaI yang paIing mudah digunakan untuk promosi wisata geopark Texas Wonocolo. Di era saat ini, penggunaan media sosial sebagai alat promosi pariwisata menjadi hal yang sangat penting. Namun, kenyataannya hal tersebut belum dapat menarik minat banyak pengunjung. Sehingga perlu sosial media marketing yang mampu menarik daya tarik pengunjung untuk berwisata ke Texas Wonocolo. Studi penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat berkunjung para wisatawan dengan adanya sosial media marketing dan daya tarik wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner untuk mengetahui minat berkunjung para wisatawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis melalui uji-f, uji-t, dan uji koefisien determinasi (R2). Selain itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini juga terdapat uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kevalidan dan konsistensi data penelitian ini. Dari hasil analisis data temuan yang dihasilkan menunjukkan bahwa fhitung 104,662 > ftabel 3,09 yang berarti terdapat pengaruh sosial media marketing dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung wisatawan. Sedangkan pada uji-t diperoleh thitung 5,960 > ttabel 1,98580 yang berarti terdapat pengaruh sosial media marketing terhadap minat berkunjung. Selain itu, pada uji-t untuk variabel X2 diperoleh thitung 4,989 > ttabel 1,98580 yang berarti terdapat pengaruh daya tarik wisata terhadap minat berkunjung. Pada uji koefisien determinasi diperoleh persentase pengaruh sosial media marketing dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung sebesar 69%. Dari beberapa uji tersebut, menggunakan taraf signifikansi statistik yang-kuat 0.001 < 0.05. Oleh karena itu, dari hasil temuan penelitian ini menginformasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosiaI marketing dan daya tarik wisata atau atraksi wisata terhadap minat berkunjung atau ingin pergi ke wisata yang berada di geowisata teksas wonocolo kecamatan kedewan kabupaten bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 03:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 03:51 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2827 |
Actions (login required)
View Item |