Febrianti, Siti Idha (2024) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMET) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MALO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Siti Idha Febrianti.pdf Download (883kB) |
Abstract
Idha Febrianti, Siti. 2024. “Eksperimentasi Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Nur Rohman, M. Pd., (II) Taufiq Hidayat Kata Kunci: Model Pebelajaran, TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar Latar belakang pada penelitian ini adalah ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran, salah satunya guru masih menggunakan metode pengajaran konvensioanl dimana dalam pembelajaran tersebut masih diselingi sesi tanya jawab dengan siswa, yang sayangnya hal tersebut akan membatasi kesempatan mereka untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran, sehingga dalam hal tersebut perlu imporvisasi dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini tentu akan berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TGT (Tames Games Tournamaent) dengan siswa yag menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Islamiyah Malo Tahun Pelajaran 2023/2024 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian ini digunakan untuk meneliti data yang berupa angka-angka. Serta menggunakan metode eksperimen kuasi (quasi eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan berbeda, dan pada akhir pertemuan diberi perlakuan berupa post-test, yang tujuannya untuk mengetahuin hasil belajar siswa selama melakukan penelitian. Haail penelitian ini hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen terdapat perbedaan dengan hasil belajar kelas kontrol. Dari hasil belajar kedua kelompok tersebut terdapat perbedaan yang cukup sigifikan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model TGT (Teams Games Tournament)dan siswa yang menngunakan model konvensional (ceramah) terdapat perbedaan. Dengan demkian penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mampu memberikan perbedaan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi sehingga model pembelajaran ini guna untuk menciptakan pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 04:12 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 04:12 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
View Item |