Nisa’, Malikhatun (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI MALIKHATUN NISA'_21310051 - Malikhatun Nisa-1-26.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nisa’, Malikhatun. 2025. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Berdasarkan Prosedur Newman”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Ari Indriani, M.Pd., (II) Dr. Puput Suriyah, M.Pd. Kata kunci: Kesalahan siswa, Peluang, Prosedur Newman Permasalahan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, khususnya pada materi peluang, menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas IX MTs Negeri 5 Bojonegoro, ditemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep peluang, salah menafsirkan soal, serta kurangnya ketelitian dalam proses penyelesaian. Untuk mengidentifikasi dan memahami bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa, digunakan pendekatan Prosedur Newman yang terdiri dari lima tahapan kesalahan, yaitu: membaca soal, memahami soal, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi peluang berdasarkan Prosedur Newman serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi peluang berdasarkan Prosedur Newman. Dengan mengetahui jenis dan faktor penyebab kesalahan, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam perbaikan proses pembelajaran matematika, khususnya pada materi peluang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-F MTs Negeri 5 Bojonegoro sebanyak 23 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 5 Bojonegoro yang beralamat di desa Balenrejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 10 Februari s.d 15 Maret 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan uji kredibilitas data dengan cara triangulasi teknik untuk menguji kevalidan data yang ada. Berdasarkan hasil data tes diperoleh kesimpulan yaitu pertama, kesalahan siswa terjadi pada semua tahapan Prosedur Newman, dengan persentase tertinggi pada kesalahan penulisan jawaban akhir (72%), disusul keterampilan proses (62%), memahami soal (51%), transformasi masalah (46%), dan membaca soal (17%). Kedua, faktor penyebab kesalahan antara lain kurang memahami konsep dasar peluang, tidak teliti, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, serta kebiasaan menyalin jawaban tanpa memahami proses penyelesaiannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:59 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |