Justice, Bunga Maria Ratu (2025) PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP PANCASILA DANDER TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
BUNGA MARIA RATU JUSTICE_21110005. - Neha Khan (1)-1-32.pdf Download (319kB) |
Abstract
Justice, Bunga Maria Ratu. 2025. Penerapan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Pancasila Dander Tahun Ajaran 2024/202. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd., Pembimbing II Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: pendekatan inkuiri, media visual, menulis naskah drama. Pendekatan inkuiri adalah metode pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam menemukan dan memahami konsep melalui proses eksplorasi dan investigasi. Dalam penelitian ini, penulis memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kualitas proses dan hasil dari penerapan pendekatan inkuiri berbantuan media visual serta mengetahui peningkatan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Pancasila Dander tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pancasila Dander yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes tertulis, dan dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri berbantuan media visual berupa gambar kenangan pribadi siswa dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Hal ini terlihat dari peningkatan perhatian, keaktifan, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Nilai rata-rata menulis naskah drama siswa meningkat dari prasiklus sebesar 63,6 menjadi 70,1 pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 81,7 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 31,25% (prasiklus) menjadi 53,12% (siklus I), dan mencapai 87,5% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan inkuiri berbantuan media visual efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:11 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:11 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |