Prasetiyo, Sendy Tri (2025) TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA ISLAM TERPADU SYAKUR AL MARZUQI NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI sendy(21210037) - Angkasa Tanudirga-1-23.pdf Download (671kB) |
Abstract
Prasetiyo, Sendy Tri, 2025 Tantangan dan peluang dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqi Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Pd., (ll) Ali Noeruddin, S.Si., M.Pd. Kata kunci : kurikulum merdeka, pembelajaran ekonomi, tantangan, peluang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran ekonomi di Sma islam terpadu syakur al marzuqi ngasem kabupaten Bojonegoro di Sma islam terpadu syakur al marzuqi ngasem kabupaten Bojonegoro. Kurikulum merdeka yang dicanangkan oleh kemendikbudristek menekankan fleksibilitas pembelajaran, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik. Namun, dalam penerapan nya di lapangan masih dijumpai berbagai hambatan, terutama pada kesiapan guru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kesulitan beradaptasi dengan metode baru dari kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wewancara, dan dokumentasi sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan dalam hal kesiapan menerapkan metode pembelajaran baru, keterbatasan media penunjang dalam pembelajaran, dan keberagaman karakter peserta didik. Sementara itu, siswa menghadapi kesulitan dalam beradaptasi dengan pembelajaran aktif, kurangnya bahan ajar pendukung, dan keterampilan komunikasi. Di sisi lain, kurikulum merdeka membuka peluang untuk inovasi metode pembelajaran, pembelajaran lebih berfokus kepada peningakatan pemahaman dan keterampilan siswa, dan melatih kolaborasi antar siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan pemenuhan fasilitas pembelajaran untuk mengoptimalkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:54 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |