EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS BAAMBOOZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KALITIDU

ADELIA, I'IS (2025) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS BAAMBOOZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KALITIDU. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
I'IS ADELIA-21210058 - I'is Adel-1-27.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journa...

Abstract

Adelia, I’is. (2025). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Game Based Learning Berbasis Baamboozle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Kalitidu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd., Pembimbing II Dian Ratna Puspananda, M. Pd. Kata kunci: Game-Based Learning, Baamboozle, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran game-based learning berbasis media Baamboozle terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI-6 SMA Negeri 1 Kalitidu. Instrumen pengumpulan data meliputi tes prestasi belajar (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji paired sample test dan uji gain score. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor dari pretest sebesar 51,32 menjadi 88,09 pada posttest. Uji normalitas menunjukan bahwa data berdistribusi normal (sig. = 0,200), sedangkan hasil uji hipotesis (paired sample t-test) menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang menunjukan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, nilai rata-rata gain score sebesar 0,76 dikategorikan tinggi, menunjukkan efektivitas model pembelajaran yang diimplementasikan. Hasil penelitian ini menyataakan bahwa penggunaan media Baamboozle dalam model pembelajaran game-based learning memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, pendekatan ini layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:18
Last Modified: 30 Jul 2025 06:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item