PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ARITMATIKA BUDAYA BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS N 1 BOJONEGORO

KHAN, NEHA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ARITMATIKA BUDAYA BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS N 1 BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Neha Khan-21310053 - Neha Khan-1-29.pdf

Download (476kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Khan, Neha. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Aritmatika Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs N 1 Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd., Pembimbing (2) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Etnomatematika, Aritmatika Sosial, Batik Bojonegoro, ADDIE Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi unsur etnomatematika pada batik khas Bojonegoro, (2) mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Aritmatika Budaya bermuatan etnomatematika yang memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan, dan (3) mengukur efektivitas penerapan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian meliputi pengrajin batik khas Bojonegoro, guru, dan siswa kelas VII MTs N 1 Bojonegoro. Instrumen penelitian mencakup lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi, angket respon, serta soal pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan media berada pada kategori valid, dengan indeks Aiken’s V sebesar 0,75 (ahli materi) dan 0,893 (ahli media). Respon siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 79,2% (praktis), dan respon guru sebesar 82,5% (sangat praktis). Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor ratarata siswa dari 29,6 (pretest) menjadi 78,7 (posttest), dengan nilai N-Gain sebesar 0,68 (kategori sedang). Sehingga, media pembelajaran berbasis aplikasi Aritmatika Budaya yang bermuatan etnomatematika dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus mendukung pelestarian budaya lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:57
Last Modified: 30 Jul 2025 06:57
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item