Putri, Risma Nurdiana (2025) ANALISIS DIKSI, IMAJI, DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ALBUM SIALNYA, HIDUP HARUS TETAP BERJALAN KARYA BERNADYA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
RISMA NURDIANA PUTRI_21110036 - Risma Nurdiana Putri-2-33.pdf Download (849kB) |
Abstract
Nurdiana Putri Risma (2025). “Analisis Diksi, Imaji, dan Nilai Pendidikan Karakter pada album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan karya Bernadya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Muhamad Sholehhudin. S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Drs. Syahrul Udin M. Pd. Kata Kunci : analisis, diksi, imaji, pendidikan karakter Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang memiliki kekayaan makna serta keindahan bahasa. Salah satu bentuk puisi liris yaitu lirik dalam sebuah lagu. Lirik lagu merupakan manifestasi modern dari puisi liris di mana unsur-unsur puitis seperti keindahan bahasa. Sebuah lirik lagu mengandung pemilihan kata atau diksi. Selain diksi, lirik lagu juga sangat bergantung pada imaji atau gambaran mental yang muncul di benak pendengar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk dan makna diksi pada album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan karya Bernadya? (2) Bagaimana bentuk dan makna imaji pada album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan karya Bernadya? (3) Bagaimana nilai pendidikan karakter pada album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan karya Bernadya?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan pada album Sialnya Hidup Harus Tetap Berjalan yang terdiri dari 8 lagu. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa makna diksi dalam album Sialnya Hidup Harus Tetap Berjalan karya Bernadya bentuk dan makna diksi yang muncul yaitu diksi Kata Umum sebanyak 21, sementara bentuk diksi kata Khusus muncul sebanyak 6 kali, sementara Kata Indra sebanyak 9 kali, dan Diksi Perubahan Makna muncul sebanyak 8 kali. Sementara pada analisis Imaji, bentuk Imaji yang muncul yaitu, Imaji Perabaan muncul sebanyak 11 kali, Imaji Gerak sebanyak 16, Imaji Pendengaran muncul sebanyak 7 kali, Imaji Penglihatan muncul sebanyak 12 kali, dan Imaji Perubahan Makna muncul sebanyak 2 kali. Sementara pada aspek pendidikan karakter yang muncul yaitu aspek mandiri sebanyak 9, aspek religius sebanyak 4, nilai gotong royong sebanyak 1 kali, sementara nilai tanggung jawab sebanyak 2.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:37 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |