PUTRI, SINTIA MELIANA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BALEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI SINTIA MELIANA PUTRI 2 - Sintia Meliana Putri-1-22.pdf Download (822kB) |
Abstract
Sintia Meliana Putri (21210080. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Balen Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi,Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Rohman, M.Pd. dan Pembimbing (II) Ali Mujahidin S.Pd., M.M. Kata Kunci: Mode$l Pe$mbe$lajaran Inqu$iry, Me$dia Vide$o, Be$rpikir Kre$atif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting dalam dunia pendidikan modern, terutama dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, kenyataannya menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah di kalangan siswa, khususnya dalam mata pelajaran Ekonomi. Di SMA Negeri 1 Balen, rendahnya hasil belajar siswa menjadi indikator lemahnya kemampuan berpikir kreatif, yang diperparah dengan masih digunakannya metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang inovatif dan menarik, salah satunya adalah model Inquiry berbasis media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry berbasis media video terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kreatif dengan indikator: kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterperincian. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Inquiry berbasis media video terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran Ekonomi untuk meningkatkan daya kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:07 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |