PRASTYO, SANDY EKO (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MTsN 2 BOJONEGORO KELAS VII. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Sandy Eko Prastyo_21310057 docx-1 - Sandy Rono rene-1-29.pdf Download (1MB) |
Abstract
Prastyo, Sandy Eko. 2025. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika ditinjau dari gender pada materi aritmatika sosial. Skripsi, Program Studi pendidikan Matematika, Falkutas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Puput Suriyah, M.Pd., Pembimbing (2) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gender dan Aritmatika Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dugaan perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa laki-laki dan perempuan di MTsN 2 Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa ditinjau dari gender dalam menyelesaikan permasalahan Aritmatika Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 10 siswa kelas VII yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan cenderung memiliki kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Hal ini ditunjukkan melalui perolehan skor Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK), di mana dua siswa perempuan berada pada kategori sangat kreatif (TKBK 4), tiga siswa perempuan dan satu siswa laki-laki pada kategori kreatif (TKBK 3), dua siswa laki-laki pada kategori cukup kreatif (TKBK 2), satu siswa laki-laki pada kategori kurang kreatif (TKBK 1), dan satu siswa laki-laki pada kategori tidak kreatif (TKBK 0). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan menunjukkan dominasi pada aspek fluency, flexibility, elaboration, dan originality dalam berpikir kreatif matematika. Temuan ini menegaskan bahwa terdapat perbedan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan gender dengan keunggulan pada siswa perempuan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu guru merancang pembelajaran yang dapat mempertimbangkan perbedaan karakteristik siswa berdasarkan gender.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:21 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |