SETIYANA, LISA (2025) IMPLEMENTASI CHATGPT SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI SISWA KELAS X-7 SMAN 1 KEDUNGADEM DI ERA SOCIETY 5.0. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Lisa Setiyana-21210063 - Lisa Setiyana-1-27.pdf Download (924kB) |
Abstract
Setiyana, Lisa. (2025). “judul Implementasi Chat GPT Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Artifical Intelegence Bagi Siswa Kelas X-7 SMAN 1 Kedungadem Di Era Society 5.0”. Sekripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fkultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing ( I ) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd, Pembimbing ( II ) Ali Noeruddin, M.Pd KataKunci : ChatGPT, Inovasi, Media pembelajaran ekonomi, Artificial Intelligence, Society 5.0 Implementasi ChatGPT sebagai media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) merupakan inovasi yang selaras dengan era Society 5.0. Teknologi ini mampu memberikan penjelasan, menjawab pertanyaan, serta memfasilitasi pemahaman siswa mengenai materi ekonomi secara interaktif dan responsif. Dalam konteks pendidikan di SMA Negeri 1 Kedungadem, ChatGPT digunakan untuk membantu siswa memahami konsep-konsep ekonomi secara lebih efektif dan efisien. Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan, sehingga rumusan masalah ini adalah Bagaimana Implementasi ChatGPT sebagai media pembelajaran ekonomi berbasis kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) bagi siswa Kelas X-7 SMA 1 Kedungadem, Bagaimana pengunaan ChatGPT dapat membantu siswa dapat memahami konsep-konsep ekonomi, Apa saja faktor keuntuangan dan tantangan Implemntasi ChatGPT sebagai inovasi media pembelajaran ekonomi bagi siswa kelas X-7 SMAN 1 Kedungadem. Peniliti ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasidan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verfikasi. Teknik validasi data berupa triangulasi metode. Sumber data yang digunakan adalah Sumber data primer dan Sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ChatGPT sebagai media pembelajaran ekonomi di kelas X-7 SMAN 1 Kedungadem memberikan dampak positif yang signifikan. Penggunaan ChatGPT membantu siswa memahami konsep ekonomi yang abstrak, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan mendorong motivasi belajar. Siswa merespons positif penggunaan ChatGPT karena fitur interaktif, responsif, dan mudah diakses, yang mendukung pembelajaran mandiri dan personal. Selain itu, ChatGPT juga terbukti meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berdiskusi dan memahami keterkaitan antarvariabel ekonomi. Kesimpulannya, implementasi ChatGPT sebagai media pembelajaran ekonomi di kelas X-7 SMAN 1 Kedungadem memberikan dampak positif pada proses dan hasil belajar siswa, meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan potensi ketergantungan pada jawaban instan, dengan dukungan kebijakan yang tepat dan peningkatan literasi digital, ChatGPT dapat menjadi inovasi edukatif yang relevan untuk pembelajaran di era Society 5.0.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:46 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |