ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP ISLAM TEMAYANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN TEORI NOLTING DITINJAU DARI GENDER

Rahmawati, Arika Fajar (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP ISLAM TEMAYANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN TEORI NOLTING DITINJAU DARI GENDER. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ARIKA FAJAR RAHMAWATI (21310036) - arika fajar rahmawati-1-34.pdf

Download (874kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rahmawati, Arika Fajar. 2025. Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP Islam Temayang Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori Nolting Ditinjau Dari Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, S.Pd., M.Pd., (II) Ayis Crusma Fradani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kesalahan siswa, Persamaan Garis Lurus , Teori Nolting, gender Persamaan Garis Lurus merupakan materi dasar matematika yang sering menimbulkan kesulitan bagi siswa. Kesalahan dalam penyelesaiannya dapat disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep, kurangnya ketelitian, serta metode belajar yang kurang tepat. Penelitian ini menggunakan Teori Nolting untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta melihat perbedaan kesalahan berdasarkan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus , membandingkan kesalahan antara siswa laki-laki dan perempuan, serta mengungkap faktor penyebabnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek 20 siswa kelas IX-B SMP Islam Temayang. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan enam kategori kesalahan menurut Teori Nolting. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan paling dominan adalah Concept Errors (32%), diikuti Test-Taking Errors (16%), Application Errors (13%), Careless Errors (12%), dan Misread-Directions Errors (11%), sementara Study Errors tidak ditemukan. Siswa laki-laki lebih banyak mengalami Concept Errors (45%), sedangkan siswa perempuan dominan pada Concept Errors dan Test-Taking Errors. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Teori Nolting efektif dalam mengidentifikasi jenis kesalahan siswa. Ditemukan perbedaan pola kesalahan antara gender, sehingga guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:33
Last Modified: 31 Jul 2025 03:33
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item