PENGARUH FOMO (FEAR OF MISSING OUT) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PLATFORM TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO

JANAH, ELISA KHOERUL (2025) PENGARUH FOMO (FEAR OF MISSING OUT) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PLATFORM TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI ELISA - elisa khoerul janah-1-30.pdf

Download (894kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Khoerul Janah, Elisa. 2025. “Pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) Terhadap Pembelian Impulsif Platform TikTok Shop Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro”. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Nur Rohman, M.Pd., Pembimbing II Ali Mujahidin,S.Pd., M.M. Kata Kunci: Fear of Missing Out, Pembelian Impulsif, Tiktok Shop Pesatnya perkembangan teknologi digital dan media sosial telah melahirkan fenomena Fear of Missing Out (FoMO), yaitu rasa cemas karena takut tertinggal tren yang tengah berkembang. Hal ini mendorong individu, terutama mahasiswa, untuk melakukan pembelian impulsif, khususnya melalui platform seperti TikTok Shop yang menggabungkan hiburan dan transaksi dalam satu aplikasi. Mahasiswa sebagai generasi digital native memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengikuti tren belanja online tanpa perencanaan yang matang, dipengaruhi oleh konten viral dan promosi terbatas waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh FoMO terhadap pembelian impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro pada platform TikTok Shop. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 73 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 12,435 yang lebih besar dari t-tabel 1,669 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat FoMO yang dirasakan, semakin besar kecenderungan mahasiswa untuk melakukan pembelian impulsif di TikTok Shop. Temuan ini menjadi dasar penting dalam menyusun strategi literasi keuangan digital yang relevan, khususnya bagi kalangan mahasiswa agar lebih bijak dalam berbelanja di era digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:01
Last Modified: 31 Jul 2025 05:01
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item